Laman

Mendatangkan Traffic atau Pengunjung yang Tertarget

Mendatangkan Traffic atau Pengunjung yang Tertarget
Bagi Anda yang aktif nge-blog apalagi sedang menjalankan bisnis online baik dengan memasarkan produk sendiri ataupun produk pihak lain yang sering kita kenal dengan afiliasi tentu mafhum bahwa traffic (kunjungan) menjadi faktor penting dalam meraih keberhasilan. Namun, bukan sekedar jumlah pengunjung saja yang harus kita pikirkan. Ada yang jauh lebih penting dari itu dan saya ingin berbagi beberapa tips marketing online berikut dengan Anda.

Pertama, bangun brand image Anda. Mendapatkan pengunjung yang banyak sebenarnya tidaklah terlalu sulit, Anda bisa menarik perhatian orang dengan gambar yang aneh, Judul yang bombastis atau kontroversial. Jika Anda menggunakan cara ini dengan cepat Anda akan mendapatkan banyak pengunjung terutama dari situs jejaring sosial seperti kompasiana ini (yang menampilkan judul tulisan sebagai "tanda" yang terbaca). Tapi apa gunanya ? Cepat atau lambat Anda akan ditinggalkan, percayalah tidak ada orang yang bersedia "tertipu" untuk kedua kali. Jadi, hindari judul bombastis dan kontroversial yang tidak nyambung dengan isi artikel. Berikan manfaat pada orang lain dan bangunlah brand image Anda.

Kedua, dapatkan pengunjung yang tertarget. Jika blog atau website Anda adalah situs yang menjual sepatu futsal misalnya. Tulis artikel dalam blog Anda tentang futsal atau setidaknya masih ada hubungannya dengan sepak bola atau olah raga, ini akan membawa pengunjung yang tertarget (sesuai dengan apa yang Anda tawarkan). Bisa saja Anda menulis artikel tentang gaya rambut wanita dalam blog Anda misalnya, tetapi cara ini meski bisa mendatangkan traffic namun sangat kecil kemungkinannya menghasilkan penjualan dari blog Anda. Karena mungkin yang berkunjung ke situs Anda adalah mereka (wanita) yang tidak atau kurang menyukai olah raga apalagi futsal. Lebih parahnya, jika mereka merasa tertipu dan enggan untuk berkunjung ke blog Anda kembali.

Ketiga, lakukan dengan santun dan professional. Dalam marketing ada istilah "it's all about promotion". Benar bahwa dengan promosi produk yang biasa bisa tampak luar biasa dan sebaliknya. Namun, jangan sampai ini menjadikan kita over aggressive dalam berpromosi, misalnya dengan melebih-lebihkan produk kita yang tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam hidup kita, apalgi bisnis tidak ada yang salah dengan promosi. Hanya lakukan promosi dengan santun dan professional. Berikan informasi yang sejujurnya sehingga calon konsumen bisa menilai dengan sendirinya apakah produk atau jasa kita memang sesuai dengan kebutuhan mereka. Apalagi dalam marketing online, dimana kita tidak bisa saling bertemu dengan calon konsumen kita. Maka, bangunlah blog atau website kita dengan professional sebab ini merepresentasikan diri kita.

Semoga bermanfaat : Mendatangkan Traffic atau Pengunjung yang Tertarget

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar